Perawatan Cabe Murah Meriah Tapi Manfaatnya Luar Biasa

Perawatan Cabe Murah Meriah Tapi Manfaatnya Luar Biasa

Setelah persiapan tanam cabe sedemikian rupa dilakukan dengan baik, maka semua yang dilakukan akan menjadi sia-sia jika perawatan tanaman tidak dilakukan dengan baik dan benar. Salah satu bagian dari perawatan tanaman yang sering dianggap remeh oleh sebagian orang adalah penyiraman atau pemberian air pada tanaman.

Penyiraman atau pemberian air pada tanaman memegang peranan penting dalam proses perawatan tanaman karena :

  • Air merupakan zat pelarut dan pengangkut unsur hara yang dibutuhkan bagi tanaman sehingga proses penyerapan dan pengangkutan zat-zat nutrisi dalam tanaman dapat berlangsung lancar.
  • Air merupakan salah satu bahan fotosintesis yang mengubah unsur hara dan air menjadi makanan.
  • Air dapatmembantu proses respirasi aerob bagi tanaman.
  • Air sebagai bahan pembentuk hormon (fitohormon) dan enzim bagi tanaman.
  • Menjaga tekanan turgor sel tanaman, sehingga tanaman cabe lebih kokoh dan tahan lama.
  • Menjaga kelembaban dan suhu tanah.
  • Mempengaruhi produktivitas dan kualitas produk (hasil panen).
  • Merupakan salah satu cara pengendalian hama tanaman yang bersarang di tanah.
  • Akan tetapi pemberian air yang tidak tepat dapat merugikan petani karena pemberian air yang berlebih dapat mengakibatkan kondisi anaerob, akar menjadi busuk dan salah satu sumber penyakit jika kelembaban tinggi.

Salah satu cara penyiraman yang baik dan murah adalah sistem penggenangan atau “leb”. Cara ini selain murah juga dapat diterapkan pada hampir semua sistem pertanian yang ada termasuk bedengan yang sudah ditutup mulsa plastik hitam perak. Salah satu kelebihan dari cara ini adalah dapat menekan pertumbuhan gulma dan mengendalikan hama yang bersarang di tanah. Sedangkan kelemahan cara ini adalah memerlukan jumlah air yang sangat tinggi, dan akan jadi masalah tersendiri jika lahan yang digunakan termasuk lahan kering tidak berpengairan tehnis dengan jenis tanah berpasir.

Saat penyiraman yang tepat adalah pada kondisi kapasitas lapang. Kondisi ini juga dapat dibarengi dengan aplikasi Pupuk Organik Cair GDM agar lebih efisien pada penggunaan tenaga kerja.

Cara-cara penyiraman yang lainnya dapat juga digunakan, mulai dari cara tradisional dengan disiram secara manual sampai penggunaan tehnologi dengan sprinkle ataupun drip. Semua itu dikembalikan pada besarnya investasi pada tehnis budidaya yang bermuara pada besaran keuntungan (rugi/laba) yang akan dicapai. Pilihan cara penyiraman yang tepat pada kondisi yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan dan tingkat keuntungan yang didapat oleh petani.

Konsultasi Seputar PUPUK Organik Cair GDM 0812 2400 2400