Mudahnya Merawat Tanaman Bunga Mawar

Mudahnya Merawat Tanaman Bunga Mawar

Bunga mawar, termasuk tanaman hias yang banyak digemari dan ditanam oleh masyarakat. Selain bunganya yang eksotis, tanaman ini termasuk “gampang-gampang susah” dalam perawatannya.

Ketekunan ditambah sedikit pengetahuan dalam merawat tanaman bunga mawar akan membuat tanaman ini rajin berbunga.

Terdapat lebih dari 100 species tanaman bunga mawar liar di alam. Eksotisme bunga ini terletak pada ukuran kelopak bunga dan warna kelopak bunganya.

Dahulu warna bunga mawar didominasi warna merah, putih dan kuning. Saat ini warna kelopak bunga mawar semakin beragam, biru, hitam bahkan warna kelopaknya bisa bermacam-macam dalam satu tangkai bunga.

Tips perawatan tanaman bunga mawar :

Bibit tanaman yang baik biasanya memiliki sifat yang sama dengan tanaman induknya. Bibit yang berasal dari pembiakan vegetatif, misalnya stek, cangkok, okulasi atau kombinasi yang lain dapat dipastikan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Ukuran bunga, warna bunga dan “kerajinan” dalam berbunga dapat dilihat dari induknya.

Karena berasal dari belahan bumi Utara maka tanaman Rose ini menghendaki kondisi yang sejuk, temperatur optimal 18˚-26˚C, kelembaban udara 70 – 80 % dengan lama penyinaran matahari pagi 5 – 6 jam.
Media tanam juga harus subur, gembur dan kaya akan bahan organik. Tambahkan GDM Black Bio Organic Stimulant (BOS) agar media tanamnya semakin berkualitas.

Penyiraman dapat dilakukan pagi dan sore hari sesuai kondisi.
Penyiangan gulma dan rumput liar dapat dilakukan setiap saat untuk menghindari persaingan dengan tanaman bunga mawar.
Penambahan nutrisi melalui pemupukan juga harus diperhatikan, sesuaikan dengan kebutuhan dan fase pertumbuhannya. Saat pertumbuhan vegetatif tanaman banyak membutuhkan Nitrogen yang bisa dipenuhi dari Urea tetapi pada saat mulai berbunga, tanaman lebih banyak membutuhkan Kalium.
Akan jauh lebih aman apabila pemupukan menggunakan pupuk organik cair GDM, nutrisi makro dan mikronya lengkap dan juga terdapat mikroorganisme yang sangat menguntungkan tanaman

Selain bisa mengisi waktu luang, murah biayanya dan mudah cara melakukannya, tetapi hasilnya bunga mawar tidak kalah eksotis dengan yang produksi farm-farm besar.

Konsultasi Seputar PUPUK Organik Cair GDM 0812 2400 2400